Minggu, 07 Agustus 2016

Tempat belajar Membuat Batik

Belajar membatik sepertinya hal yang menarik untuk dicoba, terutama ketika mengisi waktu luang ataupun menghabiskan waktu untuk berwisata ke tempat-tempat yang bisa dimanfaatkan untuk belajar membatik. Banyak tempat wisata di Indonesia menyediakan tempat dan sekaligus belajar membatik, terutama di saat trend batik meningkat seperti sekarang ini. Banyak pusat batik menawarkan berbagai variasi pelajaran membatik mulai dari belajar kilat untuk sekedar tahu, atapun profesional. Mau Belajar Membuat Batik, di Sini Tempatnya Sukawu telah menghimpun beberapa tempat bagi Anda untuk belajar membuat batik. Yuk, simak ulasannya.


 1. Museum Batik Kuno Danar Hadi Solo, Jawa Tengah Toko batik yang sudah berdiri sejak 1967-an ini sudah memiliki gerai di sejumlah kota besar di Indonesia. Namun masih banyak yang belum mengetahui bahwa toko batik ini memiliki museum batik atau dikenal House of Danar Hadi yang terletak di Jalan Brigjen slatem Riyadi 261, Solo, Jawa Tengah. Saat mengisi liburan Anda dapat mendatangi tempat ini untuk sekedar belajar batik. Museum Danar Hadi menyediakan pelatihan membuat batik dengan teknik batik tulis yang menggunakan cantik, mulai dari pemula hingga profesional. Bahkan Museum yang diresmikan oleh Megawati Soekarno Putri pada tahun 2000 lalu ini membuka paket kursus selama lima hari. Anda sudah mendapatkan peralatan seperti canting dan kain. Museum ini buka dari pukul 09.00 sampai pukul 15.00 WIB dan tutup tutup setiap Senin dah libur nasional.

 2. Kampung Batik Laweyan Selain Museum Danar Hadi Anda juga dapat mengunjungi Kampung Tua Laweyan yang sudah berdiri sejak ratusan tahun lamanya. Hampir seluruh pengrajin di kampung ini bersedia memberikan kursus kilat bagi pengunjung seperti nyanthing, mewarnai, dan nglorot. Anda juga dapat belajar membatik di atas kaos sesuai kebutuhan, atau bisa juga menggunakan kain katun, dengan hanya membayar Rp 10.000. Selain itu Anda dapat mengikuti kursus batik intensif, kursus ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin menguasai teknik membuat batik tulis, batik cap, batik kombinasi maupun printing dengan pewarnaan sintetis maupun pewarna alami, dari tingkat pemula sampai tingkat mahir. Waktu pelatihan dari jam 08.30 sd 16.00 WIB. Baca juga: Mengenal Budaya dan Seni Batik  

3. Museum Tekstil, Jakarta Jakarta yang terkenal dengan kota metropolitan, ternyata memiliki tempat untuk belajar membatik. Lokasinya dapat ditemuai di Bilangan Tanah Abang, yang merupakan tempat pusat kain di Jakarta. Meski menjadi langganan banjir Museum Tekstil Jakarta ini rutin dikunjungi para wisatawan selain berbelanja mereka juga menyempatkan diri untuk belajar membatik. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi yaitu Rp 40.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 75.000 untuk wisatawan luar negeri. Saat pelatihan peserta mendapatkan banyak ilmu seperti kursus pewarna alam, ikat celup, aplikasi manik-manik, silk painting, dan sulam. Museum ini sudah memiliki lebih dari 2.350 koleksi. Pengunjung dapat menikmati berbagai koleksi batik dari Sabang sampai Merauke mulai dari corak, tekstur maupun pewarnaan yang diberikan

. 4. Kampung Taman, Yogyakarta Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota pusat batik di Indonesia. Kota pelajar ini banyak menyediakan tempat sanggar pelatihan batik, salah satunya di daerah Kampung Taman, kampung wisata Tamansari yang masih berada di lingkungan Keraton Yogyakarta. Kampung ini terkenal sebagai kampung batik karena banyaknya pengrajin atau workshop pembuat batik. Salah satu lokasi belajar batik yang cukup terkenal yaitu sanggar Hadjir Digdodarmodjo. Pria yang sudah berusia 70 tahun ini sudah menjadi guru batik dunia dan mengajarkan seni membatik kepada 3.465 turis asing ke berbagai negara. Harga satu paket belajar membatik yaitu Rp 300.000 untuk warga Indonesia, dan sekitar 35 dolar untuk warga Asing. Dijamin Anda bisa memiliki kemampuan membatik dalam waktu singkat.


 5. Museum Batik, Pekalongan Salah satu jenis batik yang memiliki motif khas Indonesia berasal dari Pekalongan. Corak batik Pekalongan hampir sama dengan batik Yogyakarta, bedanya lebih atraktif dan berwarna cerah. Kota yang dijuluku City of Batik and Creativity ini memiliki salah satu sanggar batik yaitu Museum Batik Pekalongan. Museum ini memiliki banyak instruktur yang dapat mengajari Anda untuk belajar membatik. Jika Anda ingin membawa pulang hasil batik tulis yang dikerjakan, maka sediakan uang Rp 65.000 dengan ukuran kain satu meter, dan biaya pelatihannya juga cukup terjangkau. Di tempat yang berada di Jalan Jetayu Nomor 3 itu, Anda bisa melihat ragam batik dengan koleksi yang cukup fantastis. Anda tidak perlu khawatir karena tempat itu dibuka tiap hari mulai pukul 07.00 WIB -15.00 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar